Cara membuat proposal Hibah penelitian Ristek Dikti yang baik seperti apa?


Cara membuat proposal Hibah penelitian Ristek Dikti yang baik seperti apa?

Pengertian Proposal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan rencana yang akan dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, sehingga dalam pembuatan proposal alangkah baiknya penyusunan, Bahasa, Bagian-bagian proposal, tujuan tersusun secara terstruktur dan baik. Untuk kriteria baik itu seperti apa? Pada beberapa waktu lalu saya mengikuti pelatihan penulisan proposal hibah yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta. Pada penulisan ini dengan narasumber Teguh Setiawan (UNY) dan Hanung Adi Nugroho (UGM). Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 9-10 November 2018. Pemaparan ini dibagi beberapa sesi, pada sesi pertama, pemaparan di sampaikan oleh Teguh Setiawan (UNY) yang menjelaskan tentang bagaimana penulisan pengutipan dan perujukan yang baik dan benar serta cara penulisan paraphrase yang benar.

Sesi presentasi pada pelatihan proposal Ristek dikti.

Dalam arti bebas, pengutipan adalah pengambilan perkataan atau kalimat yang berisi ide atau gagasan dari suatu sumber tertentu. Kenapa dilakukan pengutipan? Dengan kutipan tersebut, kita memberikan penghargaan kepada individu atas karya kreatif dan intelektual mereka yang kita gunakan untuk mendukung penelitian kita.

Terus bagaimana cara penulisan masing-masing kutipan tersebut? Untuk model penulisan APA ketentuan umum yaitu nama penulis lebih dari dua kata dibalik, Nama akhir menjadi nama rujukan dan ditulis lengkap, sedangkan nama belakang cukup disingkat Contoh : Catur Budi Waluyo menjadi Waluyo, C. B. . untuk lebih jelas tentang pengutipan dapat dibaca pada artikel tentang pengutipan ini.

Salah satu syarat karya ilmiah adalah harus asli, sehingga keaslian dari karya ilmiah mengandung makna bahwa karya ilmiah tersebut harus memiliki nilai kualitas keaslian dan objektivitas. Dalam penulisan ada 3 istilah yang mungkin perlu dikaji lebih dalam yaitu:

Fabrikasi yaitu suatu tindakan yang membuat ulang atau mengarang data,

Falsifikasi yaitu mengubah data/Memanipulasi data supaya hasil sesuai dengan kemauan peneliti

Plagiarism yaitu mengambil/ menyalin gagasan, ide,data atau tulisan orang lain yang tanpa menyebutkan/mencantumkan sumbernya.

Untuk lebih jelas tentang paraphrase pada karya ilmiah dapat dibaca pada artikel tentang paraphrase pada karya ilmiah.

Sedangkan materi hari kedua yaitu diskusi dan presentasi dengan membawakan proposal masing-masing dari kelompok. Proposal yang disusun mengikuti draft sebagai berikut: Topik/ judul penelitian, Latar Belakang (permasalahan yang akan di selesaikan, alasan,  tujuan dan langkah-langkah permasalahan itu perlu diselesaikan serta TKT dan luaran yang dihasilkan ), Tinjauan pustaka (dasar teori, milestone  atau state of the art sampai dengan roadmap penelitian dari anda), metodelogi, jadwal pelaksanaan, daftar pustaka yang digunakan serta anggaran dana yang akan dikeluarkan.

Kiat-kiat menulis proposal

Bagaimana kiat-kiat dalam penulisan proposal? Menurut Hanung pada presentasinya, kiat-kiat menulis proposal ada 10 yaitu:

  1. Pelajari ketentuan atau PANDUAN 
  2. Pelajari skema dan persyaratannya
  3. Pilih topik prioritas yang sesuai dan pastikan luaran yang akan dicapai secara tegas dan jelas
  4. Susun proposal sesuai format dan sistematika outline yang telah ditentukan
  5. Susun anggaran secara wajar dan rasional serta perhatikan anjuran dan larangan
  6. Pelajari indikator penilaian dan lakukan self assessment
  7. Perhatikan batas waktu (deadline) pemasukan proposal
  8. Mitra dan kerjasama dengan lembaga lain beserta profil singkatnya
  9. CV setiap anggota
  10. Cek ulang kebenaran semua data

Untuk skema penelitian menurut panduan XII dapat di lihat pada artikel tentang penulisan proposal ini.

Untuk download materi:

  1. Teguh setiawan (Pengutipan, Parafrase, Plagiarism) atau download disini.
  2. Hanung adi nugroho
    1. Strategi penyusunan proposal hibah atau download disini.
    2. Komponen penilaian atau download disini.
    3. Sistematika penulisan atau download disini.
    4. Materi contoh proposal atau download disini.
    5. Untuk Checklist draft Proposal atau download disini.

*jika link/url tersebut tidak bisa dibuka,mohon konfirmasi ke penulis untuk perbaikan alamat url yang baru.

Demikian materi yang saya dapat dari hasil workshop klinik proposal, semoga bermanfaat. 

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> Jika sahabat tidak ingin report dalam mengelola website,&nbsp; bisa langsung kontak&nbsp; WA saya di +62 81 393 657 986</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait