Bagaimana teori dasar dan Prinsip kerja dari VOR?


Bagaimana teori dasar dan Prinsip kerja dari VOR?

VOR merupakan singkatan dari “VHF Omni-directional Range” adalah salah satu tipe dari sistem navigasi radio untuk pesawat terbang. VOR memancarkan sinyal radio gabungan, termasuk kode morse dan data yang memungkinkan peralatan receiver pada pesawat untuk memperoleh magnetic bearing dari station ke pesawat terbang. VOR bekerja pada frekuensi VHF (Very High Frequency)dari 108 sampai 117.95 MHz. Alat bantu navigasi ini membantu pilot untuk menentukan posisi pesawat menuju atau dari VOR ground station dan menampilkan jalur menuju atau dari ground station yang dipilih. Karena bekerja pada pita VHF, maka jarak komunikasi darat-udara terbatas berupa “line of sight”. Cakupan VOR yang dapat dicapai bergantung pada penempatan ground station. Informasi yang diberikan ditampilkan pada indikator visual dengan pembacaan yang mudah dan ditafsirkan oleh instrument yang ada pada kokpit pesaawat. Sinyal VOR berasal dari ground station atau stasiun bumi yang dipancarkan ke pesawat tertentu untuk pendaratan.

Baca juga:

Teori dasar VOR

Komponen VOR di pesawat terdiri dari VHF Receiver, Antena, Indikator dan Control Unit. Sedangkan Komponen VOR ground station terdiri dari VHF Transmitter dan Antena. Perangkat VOR biasanya beroperasi bersama dalam satu shelter dengan DME (Distance Measurement Equipment) dengan maksud untuk memberikan informasi arah/azimuth dan jarak kepada penerbang, serta dapat digunakan prosedur operasi bersama-sama ILS (Instrument Landing System).

Bagaimana teori dasar dari VOR?

Pada perangkat ini, prinsip yang digunakan untuk pengukuran arah (bearing) pada VOR adalah dengan perbandingan fasa. Transmitter pada ground station mengirimkan dua sinyal yang terpisah, sehingga memungkinkan penerima/pesawat untuk menentukan posisi pesawat terhadapground station dengan membandingkan besar fasa dari kedua sinyal tersebut. Pada intinya, perangkatVOR memberikan jalur terbang yang disebut sebagai “radial” dengan besaran 1 sampai 360 dalam satuan derajat. Jika radial menunjukan angka 360° berarti pesawat berada pada jalur yang meninggalkan ground station menuju ke Utara, radial 90° menuju ke Timur, 180° menuju ke Selatan, dan 270° menuju ke Barat. Untuk lebih jelas bisa dibaca disini.

Baca juga

Bagaimana VOR dapat menentukan arah terbang?

Bagaimana prinsip kerja dari VOR dan cara kerja dari VOR?

Perangkat VOR adalah Sebuah alat bantu navigasi udara yang berfungsi untuk menentukan sudut pesawat terhadap peralatan VOR tersebut. Jadi jika VOR dipasang dekat dengan runway bandara maka pilot dapat mengetahui keberadaannya bahwa dia berada pada sudut  tertentu dari runwaybandara dengan rentang frekuensi perangkat VOR 108.0 sampai 117.95 MHz, karena VOR bekerja pada frekuensi VHF (30MHz-300MHz). VOR bekerja menggunakan efek doppler dan pada VOR juga menggunakan sistem space modulation yaitu ketika sinyal carieer dipancarkan dan Sinyal RF pada antena dipancarkan akan terjadi modulasi, pada VOR terdapat 48 buah antena sub-carrier dan mempunyai 1 antena carrier. Pada VOR mempunyai pancaran maximum kurang lebih 200 NM (387 km) pada ketinggian 35000 ft.

Bagaimana cara pengoperasian VOR?

Untuk lebih jelas mengenai VOR bisa anda kunjungi di artikel ini atau https://studi.calesmart.com/2019/02/pengenalan-sistem-navigasi-vhf.html

Demikian artikel tentang VOR, Semoga bermanfaat.

 

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> Jika sahabat tidak ingin report dalam mengelola website,&nbsp; bisa langsung kontak&nbsp; WA saya di +62 81 393 657 986</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait