Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar.


Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar.

Google adalah mesin pencari web paling banyak digunakan oleh khalayak umum yang dimiliki oleh Google Inc.  Google Inc merupakan salah satu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang melayani khusus jasa dan internet. Produk-produk dari google meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, periklanan dalam jaringan dll.  Kecanggihan google juga di tunjukkan pada salah satu produknya yang di kenal dengan Google Scholar. Google Scholar merupakan mesin pencarian publikasi ilmiah seperti jurnal nasional, jurnal internasional, artikel prosiding, buku, skripsi/thesis/disertasi dan sebagainya. Fitur-fitur pada google scholar mendukung para peneliti dalam proses pengumpulan data publikasi atau desiminasi hasil dari penelitian yang telah di publikasikan sebelumnya. Selain itu, pada Google Scholar juga menampilkan jumlah artikel yang sudah mensitasi secara komprehensif. Bagaimana cara membuat akun google scholar? Pada kali ini saya anggap sahabat blogger sudah mempunyai ID Google Scholar, jika belum sahabat bisa download panduannya di website Sinta dari Ristek Dikti atau klik disini.

Setelah sahabat mendaftar di https://scholar.google.co.id/ pastinya anda mempunyai ID. Nah bagaimana cara mengetahui ID dari google sholar? Cara mengetahui ID tersebut cukuplah mudah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langkah pertama yaitu anda masuk ke https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id seperti pada gambar 1.

gambar 1 Tampilan akun yang akan digunakan untuk login di google scholar

2. Setelah anda login maka akan muncul tampilan seperti pada gambar 2, Setelah itu klik tombol menu kemudian pilih “profil saya” maka akan tampil ID google seperti yang ditunjukan pada gambar 3.

Gambar 2. Tampilan menu pada beranda dari google scholar setelah melakukan login.

Gambar 3. Tampilan profil dari google scholar 

3. Pada gambar 3 menunjukan ID Google Scholar yaitu qytTHTMAAAAJ. Atau link ID Scholar pada kasus ini catur budi waluyo yaitu https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=qytTHTMAAAAJ

Pada gambar 3 dapat dilihat bahwa google scholar dapat menampilkan sejumlah judul artikel dan jumlah yang mensitasi dari artikel tersebut.  Permasalahannya adalah tidak semua artikel dapat terdeteksi oleh mesin ini sehingga kita mau tidak mau harus masukan artikel tersebut secara manual. Nah,Bagaimana cara menambah atau masukkan artikel kedalam profil google scholar jika artikel tersebut belum muncul? Untuk memasukkan artikel tersebut mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langkah pertama klik tombol “+ ” yang terletak di sebelah menu judul. Maka akan tampil seperti pada gambar 4. Pada menu tambah artikel terdapat 3 pilihan yang harus penulis pilih yaitu

Gambar 4. Tampilan Menu tambah artikel pada google scholar

a. Tambahkan Grup artikel, digunakan untuk menambahkan artikel-artikel kedalam grup artikel pada penulis. Dapat dilihat pada gambar 5.

Gambar 5. Tampilan artikel setelah memilih tombol "Tambahkan Grup Artikel"

b. Tambahkan artikel, digunakan untuk menambahkan artikel secara manual,tetapi artikel yang akan ditambahkan sudah terdeteksi oleh google dan kita hanya bisa centang artikel yang menurut kita sesuai yang akan ditambahkan. Dapat dilihat pada gambar 6.

Gambar 6. Tampilan jendela setelah memilih "tambahkan artikel"

c. Tambahkan artikel secara manual, digunakan untuk menambahkan artikel secara manual, dengan isian judul sampai dengan penerbit. Dapat dilihat pada gambar 7.

Gambar 7. tampilan jendela setelah memilih tombol "tambahkan artikel secara manual"

2. Setelah kita pilih artikel tersebut maka klik tanda centang yang berwarna biri pada pojok sebelah kanan. Jika membatalkan pilih tanda silang pada pojok sebelah kiri.

Demikian artikel tentang menambahkan artikel pada google scholar, Untuk melihat artikel pada scopus dapat dilihat pada artikel ini.

 

 

 

 

 

 

 

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More