Mengenal peran, tugas, dan tanggung jawab seorang guru dalam dunia pendidikan


Mengenal peran, tugas, dan tanggung jawab seorang guru dalam dunia pendidikan

Guru merupakan figur yang menjadi contoh dan di teladani sehingga dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi peserta didiknya. Dalam bahasa jawa Guru yaitu digugu lan ditiru ( artinya di contoh dan di teladani). Sehingga dalam masyarakat guru merupakan faktor utama selain dari orang tua dan masyarakat. Guru memiliki peranan, tanggung jawab dan tugas terhadap anak didiknya.  Apa saja peranan, tanggung jawab serta tugas dari guru?

Hakikat tugas guru adalah mendidik, secara nyata guru mempunyai tugas khusus sebagai pengajar yaitu merencanakan program pengajaran sampai dengan penilaian, sebagai pendidik yaitu bertugas mengarahkan anak didik pada kepribadian yang luhur , sedangkan sebagai pemimpin yaitu memimpin dan mengendalikan diri sendiri, anak didik dalam pengawasan dan pengorganisasi serta pengontrolan.

Hakikat peran guru adalah sebagai pengendali yaitu menciptakan proses pembelajaran yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara formal maupun informal. Peranan yang kedua yaitu guru sebagai demontrator, guru hendaknya senantiasa menguasai materi dan meningkatkan kemampuannya sehingga dapat memainkan peranannya sebagai pengajar dengan baik. Peranan ketiga yaitu pengelola kelas, hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar serta mengorganisasi lingkungan sekolah. Peranan keempat yaitu Guru sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas dalam proses belajar mengajar. Peranan yang lain yaitu sebagai motivator, mediator, informator dll

Hakikat tanggung jawab Guru, Tanggung jawab guru adalah tindakan yang mencerminkan dari kewajiban dari seorang guru. Hakikat tanggung jawab guru yaitu tanggung jawab intelektual, tanggungjawab pendidikan, tanggung jawab moral dan spiritual, serta tanggung jawab pribadi.

Seorang guru diharapkan selalu memahami dan menjalankan tugas,peran dan tanggung jawab dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan nasional.

Demikian untuk perbedaan tugas, peranan dan tanggung jawab dari seorang guru.

  

 

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More