Aplikasi layanan pada komunikasi Next Generation Network 5G yang semakin cerdas



Perkembangan teknologi akan mempengaruhi segala infrastruktur , terutama dalam perangkat hardware yang digunakan, sehingga jika ada teknologi baru maka untuk dapat menikmati layanan teknologi baru tersebut mau atau tidak mau dan suka atau tidak suka harus migrasi ke hardware atau perangkat baru. Secara provider pasti memperhitungkan planning berapa pelanggan yang setia untuk menikmati layanan tersebut selain dari sisi regulasi dan otoritas dari penyelenggara telekomunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi yang di targetkan paling dekat dengan kita yaitu jaringan 5G tidak lagi jaringan 4G.

Jaringan 5G merupakan jaringan masa depan yang mendukung semua perangkat agar bisa saling terhubung dan berkomunikasi. Di dalam jaringan 5G terdapat beberapa persyaratan yaitu 1-10 Gbps koneksi end point, 1 miledetik end-to-end round trip delay (Latency), 1000 kali lipat bandwidth per unit area, 10-100 kali lipat perangkat yang terhubung, Availability 99,999 persen, Cakupan 100 persen, 90% pengurangan penggunaan energi dari jaringan.

Aplikasi Layanan yang di targetkan pada komunikasi 5G Antara lain:

1.       e-Health

dapat digunakan untuk monitoring dan melacak kondisi kesehatan pasien, indentifikasi dan autentifikasi rekaman meddis pasien, pengumpulan data untuk perlakukan otomatis, serta dapat mengindera data biologi untuk diagnostik

aplikasi dari layanan e-Health

 

2.       Smart environment

Merupakan aplikasi layanan yang mendukung semua dapat dimonitoring atau di control dari jarak jauh, sehingga Air, tanaman dan Lampu dapat di gunakan secara tepat guna. Aplikasi ini Antara lain: smart home, smart lighting, smart industrial plants, smart water supply, smart grid.

3.       Smart Metering

Dapat digunakan untuk menyimpan di data center mengenai informasi konsumsi, kesalahan secara detail, pengukuran konsumsi dan pajak yang harus dibayarkan

aplikasi dari layanan smart metering

 

4.       Intellegent Transportation

Transportasi dan logistic di lengkapi dengan sensor agar bisa berkomunikasi Antar mesin ( M2M) sehingga dapat digunakan untuk smart parking.

aplikasi dari transportasi yang cerdas sehingga semua mesin akan terhubung dan berkomunikasi secara otomatis

5.       Security and Public Safety

Dapat digunakan untuk tracking dan perlindungan infrastruktur di tempat umum sehingga memungkinkan keamanan dan kenyamanan.

6. Robotic application

demikian artikel aplikasi layanan masa depan yang paling dekat dengan kita pada komunikasi 5G.

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More