Pengantar tentang Algoritma & FlowChart


Pengantar tentang Algoritma & FlowChart

Flowchart adalah untaian simbol gambar (chart) yang menunjukkan aliran (flow) dari proses terhadap data. Flowchart membantu analis dan programmer untuk memecahkan masalah ke dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan membantu dalam menganalisis alternatif- alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart digunakan untuk menggambarkan prosedur sistem, baik sistem berjalan ataupun sistem yang akan diusulkan. Flowchart dapat digunakan sebagai alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Pada saat akan menggambar suatu flowchart, analis sistem atau programmer dapat mengikuti pedoman sebagai berikut:  

  1. Flowchart  sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari suatu halaman.
  2. Kegiatan di dalam flowchart harus dijelaskan dengan jelas.
  3. Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan di mana akan berakhirnya.
  4. Masing-masing kegiatan dalam flowchart sebaiknya menggunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan
  5. Masing-masing kegiatan di dalam flowchart harus di dalam urutan yang tepat.
  6. Kegiatan yang terpotong dan akan di tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung.

Jenis Flowchart

Ada beberapa jenis flowchart, diantaranya:  

a.              Flowchart Sistem (System Flowchart)

Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.

b.             Flowchart Dokumen (Paperwork Flowchart)

Flowchart  Dokumen menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem. Kegunaan

utamanya adalah untuk menelusuri alur  form dan laporan sistem dari satu bagian ke bagian

lain, termasuk bagaimana alur form dan laporan diproses, dicatat, dan disimpan.

c.              Flowchart Program (Program Flowchart)

Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi. Flowchart  Program dihasilkan dari pengembangan lebih lanjut dari Flowchart Sistem.

d.             Flowchart Proses (Process Flowchart)

Flowchart Proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.

Simbol Flowchart

Untuk simbol flowchart beserta fungsinya dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1. Simbol-simbol flowchart dan fungsinya.

Simbol

Nama

Fungsi

www.calesmart.com

Terminator

Permulaan dan akhir program

www.calesmart.com

Preparation

Persiapan dan pemberian harga awal

Proses

Proses

Mempresentasikan proses dalam flowchart

Input/Output

Input/Output

Proses Input/Output data

Decision

Decision

Keputusan dalam program

Document

Document

Input/Output dalam format data yang di cetak

On page connector

On page connector

Penghubung dalam satu halaman

Off page connector

Off page connector

Penghubung beda halaman

Display

Display

Output yang ditampilkan di layar/monitor

Manual Operation

Manual Operation

Pekerjaan/ Operasi secara manual

Magnetic Drum (database)

Magnetic Drum (database)

Input/ Output menggunakan disk magnetik (media penyimpanan database)

Manual Input

Manual Input

Input yang dimasukkan secara manual menggunakan keyboard

Predefined Process

Predefined Process

Rincian operasi berada di tempat lain. ( untuk pemanggilan fungsi atau prosedur)

Garis Alir

Garis Alir

Menunjukkan arah aliran dari flowchart

 

Pengujian 

Proses pengujian (testing) adalah suatu proses menjalankan program atau sistem yang bertujuan untuk menemukan kesalahan/kegagalan pada perangkat lunak/aplikasi. Testing  juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang berfokus untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan sebuah program atau sistem dan memastikan bahwa program atau system tersebut sudah memenuhi kebutuhan. Tujuan dari tahapan ini adalah membuktikan keunggulan penggunaan sistem baru dibandingkan dengan sistem lama. Pengujian yang dilakukan meliputi uji verifikasi dan uji validasi.

 

a. Verifikasi

Verifikasi adalah suatu proses untuk memeriksa kesesuaian jalannya program komputer simulasi dengan yang diinginkan dengan cara melakukan pemeriksaan program komputer, selain itu verifikasi dapat diartikan sebagai proses penerjemahan model simulasi  konseptual kedalam bahasa pemrograman secara benar. Verifikasi merupakan proses pemeriksaan apakah logika operasional model (program komputer) sesuai dengan logika diagram alur, ada pula pengecekan mengenai ada atau tidaknya kesalahan dalam program.

 

b.  Validasi

Validasi diartikan sebagai suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan. Validasi merupakan proses penentuan apakah model, sebagai konseptualisasi atau abstraksi, merupakan representasi akurat dari sistem nyata.

 

Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan  suatu  masalah  atau  problem.  Lambang-lambang  flowchart  yang digunakan dalam menggambarkan sebuah algoritma dalam program dapat dilihat pada Tabel 1.

 

Contoh :

Buat  algoritma  untuk  menentukan  apakah  suatu  bilangan  merupakan  bilangan ganjil atau bilangan genap.

Jawab:

Algoritmanya :

1) Masukkan sebuah bilangan sembarang

2) Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 

3) Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.

4) Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi

bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil

Dari contoh algoritma menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program diilustrasikan pada gambar 1

Flowchart untuk Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Buat algoritma untuk menuliskan bilangan 1 sampai dengan n, dimana n merupakan masukan.

Algoritmanya :

1. Masukkan sebuah bilangan sembarang

2. Inisialisasi sebuah variable i dengan 1

3. Tulis i, kemudian tambahkan i dengan 1

4. Lakukan pengecekan apakah i<=n, jika ya ulangi langkah 3, jika tidak selesai

 

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> &nbsp;</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait