Pengertian Voltage Standing Wave Ratio dan cara menghitungnya


Pengertian Voltage Standing Wave Ratio dan cara menghitungnya

Selamat siang sobat, pada kali ini saya ingin berbagi tentang VSWR, sebelumnya sobat sudah tahu belum VSWR itu apa? kalo belum ngerti apa itu VSWR bisa simak artikel ini ya, ????

Pengertian

VSWR singkatan dari Voltage Standing Wave Ratio, VSWR ini terjadi ketika terdapat impedansi yang tidak sesuai antara satu alat dengan alat yang lain pada sistem Radio Frekuensi (RF) atau dengan istilah Unmatch atau tidak matching. Ketidaksesuaian impedansi bermakna bahwa impedansi alat yang satu dengan yang lain mempunyai perbedaan baik impedansi yang lebih kecil maupun yang lebih besar dari pada alat yang terhubung. Ketidaksesuaian ini menyebabkan sinyal RF yang terpantul dan kehilangan energi maju melalui sebuah sistem sehingga beberapa dayanya terpantulkan dan kembali ke pengirim. Untuk Gambar Gelombang berdiri yang merambat pada suatu saluran dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Persamaan VSWR sebagai berikut

www.blog.calesmart.com

Dimana ? merupakan koefisien refleksi. Harga koefisien refleksi ini dapat diketahui melalui persamaan berikut.

 

www.blog.calesmart.com

Keterangan :  ZL = impedansi beban

Z0 = impedansi awal (impedansi sumber)

Cara pengukuran

Semakin kecil nilai VSWR yang mendekati nilai satu, semakin baik kesesuaian impedansi yang dimiliki sistem tersebut. Sebagai contoh VSWR dengan rasio 1,1 : 1 lebih baik daripada 1,4 : 1. Pengukuran VSWR 1 : 1 menunjukkan kesesuaian impedansi yang sempurna dan tidak ada tegangan gelombang berdiri akan muncul dalam path sinyal. Pengukuran VSWR dapat dilakukan dengan menggunakan SWR Meter seperti terlihat pada gambar berikut ini.www.blog.calesmart.com

Nilai VSWR yang berlebihan dapat menyebabkan masalah yang serius dalam sirkuit RF. Pertama, penurunan amplitudo sinyal RF yang dikirim dan kedua adanya arus yang kembali (reverse) dapat merusak komponen sehingga dapat menjadikan transmitter terbakar.

Pengukuran dengan menggunakan power/SWR meter dilakukan dengan meghubungkan remote control dengan input dari power meter dan pada bagian output power meter dihubungkan dengan antena seperti pada skema pengujian pada gambar berikut ini.

www.blog.calesmart.combagi para sobat blogger yang sudah berpengalaman dalam dunia telkom bisa comment di bawah ini ya, kita berbagi-bagi ya, semoga bermanfaat,

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> &nbsp;</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait