Cara konfigurasi IP address Statis pada komputer dalam waktu tidak sampai 5 menit


Cara konfigurasi IP address Statis pada komputer dalam waktu tidak sampai 5 menit

IP address ( Internet Protocol) Address adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap peralatan jaringan yang menggunakan Protocol TCP/IP. Jumlah IP address panjangnya dari 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk versi 6).

Fungsi IP Address sebagai pengalamatan komputer agar transfer data tidak salah tujuan; mempermudah pemahaman, selayaknya Pak Pos mengirimkan surat harus ada alamat tujuan dan pengirim dengan lengkap agar surat sampai ditujuan dan jika alamat tidak ditemukan maka surat bisa dikembalikan ke pengirim dengan benar.

Baca juga: Langkah mudah mengetahui jenis partisi hardisk pada laptop atau PC

Untuk pembagian IP address dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Kelas A : digunakan untuk jaringan WAN, IP address nya pada bagian pertama antara 0-127,  dan yang merupakan Net ID nya yaitu 1 bagian yang pertama. Subnet mask nya 255.0.0.0.
  2. Kelas B : biasanya digunakan untuk jaringan MAN, IP address nya pada bagian pertama antara 128-191, dan yang merupakan network ID nya yaitu 2 bagian pertama. Subnet masknya 255.255.0.0.
  3. Kelas C : biasanya digunakan untuk jaringan LAN, Ip address nya pada bagian pertama antara 192-223, dan yang merupakan network ID nya yaitu 3 bagian pertama. Subnet masknya 255.255.255.0
  4. Kelas D : biasanya digunakan untuk keperluan multicasting. IP address nya pada bagian pertama antara 224-247. Dalam multicasting tidak dikenal network ID dan host ID.
  5. Kelas E : biasanya digunakan untuk keperluan umum. IP address nya pada bagian pertama antara 248-255.

Untuk Penjelasan dan perbedaan antara IP Privat dan IP publik saya paparkan di tutorial selanjutnya.

Baca juga: 10 Langkah mudah membuat blog dengan bantuan blogspot.com

Back to topic, pada kali ini kita coba setting Ip address di komputer PC dengan menggunakan kabel LAN.untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik kotak dengan keterangan network pada kiri jam di monitor PC.www.calesmart.com
  2. Kemudian pilih open network and sharing center yang akan menampilkan gambar berikut iniwww.calesmart.com
  3. Stelah itu pilih change adapter setting dan kemudian menampilkan sebagai gambar berikutwww.calesmart.com
  4. Setelah itu klik kanan pada Local area network dan pilih propertis kemudian akan menampilan gambar berikut ini.www.calesmart.com
  5. setelah itu pilih internet protocol version 4(IPv4) dan klik propertis sehingga akan menampilakn seperti pada gambar berikut iniwww.calesmart.com
  6. Untuk pilihan default yaitu Ip address dalam kondisi kosong, jika ada DHCP dari server maka anda bisa menggunakan IP automatis atau pilih yang Obtain an IP address automatically. Tetapi jika anda menghedaki IP statis atau IP yang sudah di tentukan makan anda pilih use the following IP address dan masukkan ip address sesuai dengan jaringan. atau anda bisa lihat contoh settingan IP dibawah ini jika ip yang digunakan 192.168.1.42 dan server 192.168.1.1.www.calesmart.com

Hasilnya menakjubkan, anda sekarang bisa setting ip address dan browsing internet. untuk lebih jelasnya apa itu DHCP server dan sharing komputer saya jelaskan pada tutorial selanjutnya. semoga bermanfaat.

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> &nbsp;</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait