Apa saja jenis-jenis Wireless Local Area Network berdasarkan area cakupannya?


Apa saja jenis-jenis Wireless Local Area Network berdasarkan area cakupannya?

Pada sistem komunikasi minimal ada 3 elemen yang dibutuhkan, yaitu Pengirim, Penerima, dan Media Transmisi. Media Transmisi/kanal yaitu media yang digunakan untuk menghubungkan antara bagian pengirim dan penerima. Karena dalam pengiriman data ini sangat jauh, maka data sebelum dikirimkan diubah terlebih dahulu di bagian pengirim menjadi kode/isyarat yang sesuai dengan media transmisi. Pada media transmisi terdiri dari 2 yaitu kabel maupun tanpa kabel. Transmisi data menggunakan kabel yaitu melalui Kabel tembaga dan Serat Optik. Sedangkan transmisi data tanpa menggunakan kabel/Wireless yaitu Komunikasi Satelit, Komunikasi Terestrial dan WIFI. Pada komunikasi wireless dapat diterapkan diberbagai bidang, baik bidang komunikasi suara sampai dengan jaringan data. Sehingga pada komunikasi wireless, memudahkan mobilitas perangkat tanpa terpengaruh dari keterbatasan media transmisi.

Teknologi Wireless dapat dikategorikan berdasarkan area cakupannya meliputi WPAN (Wireless Personal Area Network), WLAN (Wireless Local Area Network), WMAN (Wireless Metropolitan Area Network), dan WWAN (Wireless Wide Area Network).

1. Wireless Personal Area Network (WPAN)

WPAN merupakan sebuah jaringan nirkabel dengan cakupan hanya beberapa meter dan bersifat personal/pribadi. Jenis jaringan ini dengan standar IEEE 802.15 luas cakupan mencapai 15meter dan alokasi daya yang dibutuhkan 20mW yang digunakan untuk menghubungkan perangkat peripheral komputer seperti Printer, Tablet, Headset. Teknologi yang menggunakan jenis ini yaitu Bluetooth, Zigbee, HomeRF dan Infrared. Untuk contoh arsitektur jaringan komunikasi WPAN dapat dilihat pada gambar 1.

Gambar 1 Jaringan komunikasi WPAN

 

2. Wireless Local Area Network (WLAN)

WLAN merupakan Sebuah jaringan yang mempunyai standar IEEE 802.11 dan cakupan area lokal/kecil  serta pada jaringan ini sering disebut WIFI (Wireless Fidelity). Standar pada WLAN yaitu 802.11 a/b/g/n/ac/ad/af/ah dan 802.11 ax.  Pada jenis 802.11 ac yang sering disebut wifi 5 dan kompatibel dengan WIFI 802.11 n dengan dukungan multi antena yaitu MIMO (Multi Input Multi Output). Sedangkan pada jenis WIFI 802.11 ax memiliki kemampuan lebih cepat 4 kali dibandingkan dengan WIFI 802.11 ac dengan kecepatan pada test mencapai 11Gbps serta mendukung MU-MIMO (Multi User MIMO).  Arsitektur jaringan WLAN dapat dikonfigurasikan menjadi tiga jenis yaitu IBSS (Independent Based Service Set), BSS (Based Service Set), dan ESS (Extended Service Set). Untuk contoh arsitektur jaringan komunikasi WLAN dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2 Jaringan komunikasi WLAN

Baca juga: Meningkatkan jangkauan daya pancar Remote Control dengan menggunakan signal booster

3. Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) 

WMAN merupakan sebuah bentuk jaringan yang dapat menghubungkan berbagai jaringan dalam suatu area metropolitan sesuai dengan standar IEEE 802.16 atau yang sering dikenal dengan sebutan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). WiMAX memiliki kecepatan data hingga 40 Mbps dengan alokasi frekuensi pada range 2,3-2,5 GHz dan 3,4-3,5 GHz. Untuk contoh arsitektur jaringan komunikasi WMAN dapat dilihat pada gambar 3.

Gambar 2.3 Jaringan komunikasi WMAN

Baca juga: Mengenal jenis-jenis fading pada sistem komunikasi nirkabel

4. Wireless Wide Area Network   (WWAN)

WWAN merupakan sebuah bentuk jaringan yang  mempunyai jangkauan luas karena radiusnya mencakup sebuah negara maupun benua. Konektivitas WWAN memungkinkan pengguna dengan laptop dan kartu WWAN untuk menjelajahi web, cek email, atau menyambung ke jaringan privat virtual (VPN) dari mana saja dalam batas-batas regional layanan seluler. Berbagai komputer dapat telah terintegrasi kemampuan WWAN. Pada dasarnya WWan adalah transmisi data melalui teknologi wifi jarak jauh, dan topologinya terhubung dengan jalur backbone internet suatu Isp (internet service provider), sedangkan WLan sama dengan Jaringan LAN (local area network) yang menghubungkan beberapa kompcomputeram suatu wilayah yang tidak terhubung dengan Internet. WWAN menggunakan teknologi jaringan selular dalam trasmisi data seperti UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) dan GSM (Global System for Mobile Communications).  Untuk contoh arsitektur jaringan komunikasi WWAN dapat dilihat pada gambar 4.

Gambar 4 Jaringan komunikasi WWAN

Baca juga: Tingkatan dan topologi dasar Jaringan Telekomunikasi 2G atau selebihnya

Jurnal tentang publikasi wireless bisa dilihat di link berikut ini:

ANALISA PERFORMANSI DAN COVERAGE WIRELESS LOCAL AREA NETWORK 802.11 B/G/N PADA PEMODELAN SISTEM E-LEARNING

PERFORMANCE ANALYSIS OF WIRELESS LOCAL AREA NETWORK USING ROUTER TENDA N-300 PERFORMANCE ANALYSIS OF WIRELESS LOCAL AREA NETWORK USING ROUTER TENDA N-300

Demikian artikel tentang media transmisi Wireless Local Area Network, semoga bermanfaat.

 

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> Jika sahabat tidak ingin report dalam mengelola website,&nbsp; bisa langsung kontak&nbsp; WA saya di +62 81 393 657 986</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait