Bingung cara Daftar dan Unggah Artikel pada OJS jurnal Ilmiah Angkasa?


Bingung cara Daftar dan Unggah Artikel pada OJS jurnal Ilmiah Angkasa?

Di dalam penelitian, publikasi merupakan suatu perkara yang tidaklah sulit dan juga bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jurnal mana saja yang mempublikasikan secara berkala. Rata-rata sekarang sistem manajemen jurnal sudah menggunakan OJS. OJS itu apa? OJS kepanjangan dari Open Journal System yaitu sistem perangkat lunak yang digunakan untuk manajemen dan mempublikasikan jurnal akademik.  sistem ini di bangun oleh Knowledge Project  yang dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU

Beberapa hari yang lalu saya di tanya temen kerja, mas gimana caranya daftar dan mengirimkan artikel di jurnal angkasa?

Jurnal angkasa merupakan jurnal ilmiah dalam bidang teknologi yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta yang dimulai dari Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 dengan nomor ISSN cetak 2085-9503 dan diterbitkan secara on line dengan ISSN 2581-1355 menggunakan Open Journal System(OJS). Jurnal angkasa sudah tersertifikasi oleh ristek dikti.

Bagaimana cara publikasi di jurnal angkasa? Nah, jika sahabat ingin publikasi pada jurnal ilmiah ini anda bisa ikuti langka-langkah berikut ini

1. Langkah pertama sahabat buka link ini atau http://ejournals.stta.ac.id/index.php/angkasa maka akan tampil seperti gambar 1.

Gambar 1. Tampilan awal jurnal ilmiah angkasa

2. Jika sahabat sudah punya akun di jurnal angkasa ini bisa langsung login di bagian kanan website atau klik menu login pada bagian header website (yang dilingkari warna hitam). Tetapi jika sahabat belum pernah membuat akun di jurnal ini anda bisa memilih menu “REGISTER” di bagian atas header (yang dilingkari warna merah). Jika sahabat memilih menu register maka akan tampil seperti gambar 2. Sahabat bisa isi form register tersebut setelah selesai bisa pilih tombol register. Jangan lupa Isikan country dan centak check box yang diperlukan kemudian tekan tombol Register.

Gambar 2. Isian identitas diri dalam proses pendaftaran di jurnal angkasa

Pastikan check box terpilih untuk konfirmasi email yang berisi username dan password, agar sahabat jika lupa bisa cek di email anda.

3. Setelah proses pendaftaran akun , langkah selanjutnya yaitu cara unggah atau kirim artikel ke jurnal. Untuk pengiriman artikel sebelumnya anda harus login terlebih dahulu di link ini atau http://ejournals.stta.ac.id/index.php/angkasa/login  seperti pada gambar 3. Login dengan menggunakan Username dan Passsword yang anda miliki pada menu login.

Gambar 3. Tampilan halaman login dengan memasukkan username dan password

4. Setelah login maka anda akan masuk ke halaman beranda, tampilan seperti pada gambar 4. Untuk mengirimkan artikel ke jurnal ini pilih new submission maka sistem akan menampilkan langkah-langkah unggah artikel seperti pada gambar 5.

Gambar 4. Tampilan beranda pada Author.

Gambar 5. Langkah pertama dalam proses unggah jurnal

5. Kemudian centang semua check box untuk melanjutkan proses pengiriman artikel seperti pada gambar 5. Langkah selanjutnya yaitu centang bagian bawah Copyright notice untuk menyetujui aturan yang ada pada jurnal ini dan klik tombol Save and Continue.

6. Setelah selesai pada langkah ke 5 maka langkah selanjutnya anda harus unggah artikel anda dalam format .doc atau sejenisnya ( dalam microsoft word).  Pastikan setelah anda memilih  artikel anda, langkah selanjutnya yaitu klik tombol upload untuk unggah artikel anda pada sistem seperti pada gambar 6. Jika anda tidak menekan tombol upload, maka artikel anda tidak terkirim ke sistem. Setelah selesai maka tekan tombol Save and Continue.

Gambar 6. Langkah kedua, upload artikel yang akan dikirimkan

Pasikan artikel yang akan di upload dalam format .doc ( sejenisnya) dalam microsoft word.

7. Setelah itu anda di haruskan melengkapi metadata seperti pada gambar 7. Kemudian klik Save and Continue.

Gambar 7. Melengkapi isian meta data dalam OJS

8. Jika langkah 7 sudah dilakukan,Kemudian akan tampil seperti pada gambar 8.  Pada menu ini jika sahabat ini menambahkan file tambahan atau data tambahan yang sekiranya dibutuhkan dalam artikel anda. Jika sudah merasa cukup dari artikel yang awal maka langkah ini di lewati saja dengan tekan tombol save and continue.

Gambar 8. Menu upload file pendukung ( optional)

Langkah terakhir yaitu konfirmasi pengiriman artikel ke jurnal ini. Jika merasa isian sebelumnya sudah lengkap maka untuk melanjutkan anda tekan tombol Finish Submission jika merasa belum cukup lengkap anda bisa pilih  menu di menu di bagian yang dilingkari dibawah ini.

Gambar 9. Tampilan konfirmasi pengiriman artikel

Selamat Anda sudah selesai dalam pengiriman jurnal ilmiah angkasa selanjutnya anda menunggu manuscript di review oleh reviewer dan editor.

 

Untuk download panduan pendaftaran dan pengirman jurnal bisa klik link ini:

Panduan Pendaftaran OJS jurnal angkasa download klik disini atau 

https://drive.google.com/file/d/1Kg4pEv88dY-IzyP0PhdltuhPGskI5aE6/view?usp=sharing

Panduan Pengiriman artikel ke sistem download klik disini atau 

https://drive.google.com/file/d/1avvJNJe7-71XbIQw0Z_pM-iwdBXYcnGM/view?usp=sharing

Demikian tutorial pengiriman artikel pada jurnal ilmiah angkasa semoga bermanfaat.

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More

Artikel Yang Lain