Mengenal PHP dalam Aplikasi pada sistem informasi akademik sederhana


Mengenal PHP dalam Aplikasi pada sistem informasi akademik sederhana

Dalam bahasa pemrograman,terdapat istilah PHP, apa itu PHP? yang pastinya bukan kepanjangan dari pemberian harapan palsu  he he he....PHP (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data bersifat dinamis. PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language yang artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser,tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server. Jadi semua perintah dan bahasa pemrograman PHP yang sudah kita buat akan di tampilkan oleh web browser menjadi HTML. Pada kali ini saya anggap sahabat sudah paham dengan HTML. Jika belum bisa baca artikel pada link ini

Kode PHP disimpan sebagai plain text dalam format ASCII, sehingga kode PHP dapat ditulis hampir di semua editor text seperti windows notepad, notepad++, sublime, windows wordpad, dll. Kode PHP adalah kode yang disertakan di sebuah halaman HTML dan kode tersebut dijalankan oleh server sebelum dikirim ke browser.

Bagi sahabat yang belum pernah belajar bahasa pemrograman PHP bisa download file attachment secara gratis dan belajar otodidak.  File ini saya buat dengan sintaks sederhana dengan tujuan buat sahabat-sahabat yang ingin belajar dari dasar. Database yang saya gunakan masih menggunakan mysql.

Ketika anda ekstrak file tersebut maka akan terdapat folder admin, folder database, folder files, folder image dan file seperti pada gambar dibawah ini:

Password untuk ekstrak: latihan . File bisa di download pada link ini.

Perlu di ingat pada filder tersebut ada file koneksi.php digunakan untuk menghubungkan ke database dengan sintaks seperti berikut ini:

$host = "localhost";

$userdb = "root";

$passdb = "";     // isi password sesuai dengan server anda

$namadb = "j_elektro";

$connect=mysql_connect($host,$userdb,$passdb);

Pada baris ke 3 meminta anda memasukan password sesuai dengan server anda dan baris ke 4 adalah anda di minta memasukan nama database yang digunakan, pada kasus ini default nama database yang j_elektro.

pada script ini, untuk input informasi juga sudah menggunakan teks editor seperti tampilan pada microsoft word, sehingga bisa anda edit sesuai dengan kemauan anda.

Untuk tampilan script web sederhana ini seperti pada berikut ini

Untuk tampilan 1

Untuk tampilan 2

Untuk tampilan 3

Demikian artikel tentang pengenalan PHP untuk bahasa pemrograman semoga bermanfaat.

 

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More