Mengenal Rumah Belajar Modern,perpustakaan berbasis kegiatan untuk motorik anak


Mengenal Rumah Belajar Modern,perpustakaan berbasis kegiatan untuk motorik anak

Hari Minggu tanggal 1 Juli 2018, Alhamdulillah saya dan keluarga bisa mengunjungi Rumah Belajar Modern yang merupakan salah satu layanan dari sekian banyak layanan BPAD. Untuk layanan perpustakaan Grahatama yang merupakan layanan dari BPAD bisa dilihat pada artikel ini. Konsep dari layanan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD)  DIY menyelenggarakan Layanan Wisata Pustaka bertempat di Rumah Belajar Modern (RBM) Sewon, Bantul yang di resmikan pada hari Sabtu, tanggal 31 Januari 2015 yaitu Untuk mengenalkan perpustakaan pada anak usia dini dan sekolah dasar menengah. Rumah Belajar Modern adalah prototype perpustakaan berbasis kegiatan. Nilai lebih dari Rumah Belajar Modern ini adalah desain layanan perpustakaan yang tidak sebatas pada penyediaan dan peminjamaan koleksi. Melainkan adanya fasilitas-fasilitas permainan anak yang cukup lengkap guna merangsang motorik dari anak tersebut.

Dengan adanya Rumah belajar Modern ini di targetkan pemerintah dapat meningkatkan minat baca dengan mengenalkan bahan pustaka yang sesuai dan mengenalkan tentang perpustakaan pada anak-anak usia dini dan sekolah dasar menengah.

Foto tampak lapangan kecil untuk kegiatan di luar ruangan

Foto fasilitas mainan untuk anak-anak

Foto Fasilitas mainan untuk anak-anak, mainan ini merupakan favorit dari anak saya.

Berikut ini Visi-misi dari Rumah Belajar Modern yang saya kutip dari link ini  atau link http://bpad.jogjaprov.go.id/rbm/info/visi_misi

VISI Tahun 2012 – 2017

Mewujudkan Masyarakat pembelajar yang Berkarakter dan Berbudaya

MISI Tahun 2012 – 2017

Dalam upaya pencapaian terhadap visi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY , maka misi yang akan dicapai dalam kurun waktu 2012- 2017, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pengelolaan dan Pemanfaatan Perpustakaan dan Arsip secara Optimal.

2. Mengembangkan Jaringan Perpustakaan dan Kearsipan berbasis Teknologi Informasi.

3. Mewujudkan Perpustakaan dan Arsip sebagai khasanah budaya daerah.

Pada Rumah Belajar Modern dilakukan upaya lebih lanjut dengan memberikan fasilitas kepada pengunjung untuk mempraktekkan berbegai pengetahuan dan ketrampilan yang telah dibaca melalui workshop peningkatan kreatifitas. Workshop peningkatan ini berdasarkan brosur dilaksanakan setiap hari jumat pad minggu II dan IV dari bulan januari s.d desember dengan kuota setiap sesi 25-50 Peserta. Pelaksanaan workshop tersebut Gratis dengan tema antara lain Kreasi Flanel, Hidrogel, Batik, Kreasi Boks giftm Kreasi Daur ulang dan Clay.

Jam Layanan perpustakaan RBM adalah sebagai berikut:

1. Senin s.d Kamis 08.00-16.00 WIB

2. Jumat: 08.00-14.30WIB dan Sabtu 08.00-16.00 WIB

Sedangkan minggu hanya buka untuk taman mainan sedangkan untuk perpustakaan dan layanan koleksi di tutup.

Untuk alamat RBM yaitu Jl. Imogiri Barat Km.6 Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul, berikut denah dari Rumah calesmart.com ke Rumah Belajar Modern

Demikian artikel tentang Rumah Belajar Modern, semoga fasilitas kedepannya semakin lengkap.

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More