Mengenal Toolbar dan fungsinya pada software EAGLE untuk merancang rangkaian Elektronika


Mengenal Toolbar dan fungsinya pada software EAGLE untuk merancang rangkaian Elektronika

Mengenal Toolbar dan fungsinya pada software EAGLE untuk merancang rangkaian Elektronika

Pernah dengar software Eagle yang digunakan untuk mendesain rangkaian elektronika? Kalo orang yang sering merancang PCB (Printed Circuit Board) pasti tidak asing lagi dengan software satu ini tapi kalo belum pernah tahu apa itu software eangle bisa baca artikel ini ya. Bagi temen-temen yang belum tahu apa itu PCB bisa baca di https://calesmart.com/artikel/Cara-membuat-PCB-sederhana-dengan-Teknik-sablon-menggunakan-Lotion-Autan.html. Eagle kependekan dari Easily Applicable Graphical Layout Editor. Software Eagle merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan atau membuat rangkaian/rancangan jalur elektronika sebelum rancangan tersebut dimplementasikan dalam PCB. Sebenarnya perangkat yang digunakan untuk membuat rangkaian tidak hanya EAGLE, melainkan PROTEUS, ALTIUM DESIGNER, PROTEL DXP, PCB DESIGNER, KiCAD dll. Kalo untuk proteus bisa dibaca disini ya https://calesmart.com/artikel/Pengenalan-simulasi-elektronika-dengan-Software-Proteus-8-Profesional_132.html

Tetapi pada kali ini saya akan berbagi tentang pengenalan EAGLE. Bagi temen-temen yang belum punya software ini bisa download di web resmi https://www.autodesk.com/products/eagle/free-download. Pada EAGLE ada 2 dokumen yaitu Skematik dan PCB. EAGLE Skematik merupakan dokumen yang digunakan untuk merancang rangkaian elektronik dalam bentuk skematik dan sebelum dcetak ke dalam PCB. Untuk tampilan dokumen EAGLE skematik bisa dilihat pada Gambar 1, sedangkan tampilan dokumen EAGLE PCB bisa dilihat pada Gambar 2.

Baca juga:

Pengenalan simulasi elektronika dengan Software Proteus 8 Profesional

6 Langkah dasar untuk merancang skematik rangkaian elektronika di EAGLE

www.calesmart.com

Gambar 1. Tampilan dokumen EAGLE Skematik

 

www.calesmart.com

Gambar 2. Tampilan dokumen EAGLE PCB

www.calesmart.com

Gambar 3. Toolbar pada skematik EAGLE

 

Pada jendela dokumen EAGLE skematik di kolom sebelah kiri terdapat sekumpulan ICON yang disebut Toolbar. Adapun gambar nama icon bisa dilihat pada Gambar 3 , sedangkan toolbar fungsinya sebagai berikut:

1. Add part digunakan untuk menambahkan komponen dalam gambar dari Library. Ada banyak sekali komponen yang tersedia dalam library EAGLE. Untuk menambahkan library bisa kunjungi web resmi: http://eagle.autodesk.com/eagle/libraries, atau menambahankan footprint masing-masing komponen di https://www.snapeda.com/eagle/

2. Net digunakan untuk menghubungkan antar kaki komponen, BUS dan lain-lain. Mempunyai properti model-model sudut dan lebar kawat.

3. Info digunakan untuk menampilkan informasi dari komponen yang kita pilih. Informasi ini berisi Value,Name, tempat komponen dalam library dan lain-lain.

4. Show digunakan menampilkan dengan mencolok komponen yang di klik. Biasanya digunakan untuk memudahkan pencarian kawat sambungan atau komponen, apakah ada komponen atau kawat yang sudah tersambung atau belum. Jika komponen tersebut di klik maka akan menyala lebih terang jika masih dalam satu jalur sambungan.

5. Layer Setting digunakan untuk menampilkan sebagian atau seluruhnya layer-layer (lapisan) pada saat menggambar. Layer ini dapat di aktifkan sesuai kebutuhan kita. Tanda biru berarti aktif, dan jika berwarna putih berarti tidak aktif.

Baca juga:

Cara membuat PCB sederhana dengan Teknik sablon menggunakan Lotion "Autan"

 

6. Rotate digunakan untuk untuk mengubah atau merotasi arah komponen ke atas, bawah, sampingkanan maupun kiri. Untuk lebih cepat bisa menggunakan klik kanan pada mouse atau mousepad.

7. Group digunakan untuk mengelompokkan suatu komponen atau beberapa komponen agar dari beberapa komponen tersebut dapat dicopy, dirotasi, dimirror, dipindahkan atau lainnya secara berkelompok. Untuk menjalankan cukup drag semua rangkaian yang akan kita grup. Cara ini juga dipakai ketika mau unroute dari PCB kita ketika prose autoroute tidak 100%, dengan di grup terlebih dahulu kemudian klik kanan pilih Ripup:Group. Tetapi jika hanya 1 atau 2 jalur yang dihapus pada PCB cukup dengan pilih menu Ripup saja.

8. BUS digunakan untuk menghubungkan komponen utama atau jalan utama antar komponen utama.

9. Move digunakan untuk menggeser atau memindahkan komponen ke area gambar.

10. Copy digunakan untuk untuk menyalin suatu atau beberapa komponen. Cara menggunakan nya adalah klik icon Copy, pilih komponen yang diinginkan kemudian klik, maka akan muncul komponen yang sama lalu tempatkan pada area yang diinginkan dan terakhir klik.

11. Paste digunakan untuk meletakan komponen yang telah di copy

12. Mirror digunakan untuk mengubah bentuk komponen atau bisa rangkaian menjadiberlawanan arah dengan bentuk komponen sebelumnya seperti apabila kita menaruhnya didepan sebuah cermin.

Baca juga:

Merakit sendiri Robot Line Follower Sederhana dengan dinamo bekas VCD

 

13. Name digunakan untuk megubah atau menghilangkan nama dari sebuah komponen.

14. Value digunakan untuk mengubah atau menghilangkan nilai dari sebuah komponen.

15. Delete digunakan untuk menghapus sebuah komponen.

16. Replace digunakan untuk mengganti komponen yang sudah digunakan dengan komponen lain pada library

17. Split digunakan untuk mengubah jalur net atau menekukan net sesuai keinginan.

18. Add a Design Block digunakan untuk menambahkan desain blok Skematik

19. Module digunakan untuk menduplikasi rangkaian skematik suatu workspace

20. Dimension digunakan untuk menambahkan dimensi jarak pada skematik yang dibuat

21. ERC digunakan untuk memeriksa kesalahan yang terdapat pada rangkaian.

22. Error digunakan untuk melihat hasil error yang telah diperiksa oleh ERC

23. Junction digunakan untuk menyambungkan jalur Net yang bersilangan

24. Rect digunakan untuk membuat blok persegi yang dugunakan untuk membntu dalam pembuatan skematik.

25. Polygon digunakan untuk membuat blok Polygon yang dugunakan untuk membntu dalam pembuatan skematik

26. Label digunakan untuk membuat label pada pin komponen yang telah diberi net.

27. Circle digunakan membuat garis bantu dengan bentuk lingkaran

28. Attribute digunakan Untuk menambahkan text atribut pada komponen

Untuk membuat project baru atau membuat suatu pekerjaan baru dengan menggunakan eagle dengan klik File kemudian pilih NEW setelah itu pilih Project, Sedangkan untuk membuat skematik dokumen baru yaitu klik File kemudian pilih New setelah itu pilih Schematic.

Untuk menambahkan library pada EAGLE bisa menambahkan secara manual yaitu dengan menambahkan file .lbr ke folder lbr yaitu path C:\EAGLE-7.2.0\lbr , Jika ingin memeriksa kesalahan pada rangkaian dengan cara klik Tools kemudian pilih ERC pada toolbar.

Demikian pengenalan perangkat lunak EAGLE, semoga bermanfaat.

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> &nbsp;</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait