Resume Seminar Kewirausahaan ala mahasiswa jogja, Oleh Drs. B. L. Luntungan,B.Sc.,S.H.,M.M



Wirausaha adalah suatu proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa ide-ide atau cara ke dalam kehidupan. Sedangkan menurut Inpres RI No 4 Tahun 1995 kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarahkan pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi, dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Jadi wirausaha itu tidak berarti semata-mata jualan di ruko-ruko melainkan gimana caranya ketrampilan dan produk tersebut bisa memberikan manfaat lebih terhadap dirinya dan orang lain kayak di shop.calesmart.com .

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menangani usaha

Gambar 1. Blok Diagram menangani usaha

Kemudian bagaimana proses kewirausahaan tersebut? Dalam kewirausahaan tidak serta merta langsung sukses seperti yang khalayak orang ceritakan, tetapi harus melalui beberapa proses untuk memulainya antara lain:

1. Identifikasi dan Evaluasi Barang

Mengidentifikasi beberapa sumber yaitu konsumen, Asosiasi Usaha atau Lembaga Distributor, Literatur, Wirausahawan senior , Orang Tua dan Teman

2. Pengembangan Rencana Bisnis

Dalam pengembangan Rencana Bisnis ada hal yang perlu dipertimbangan yaitu Besarnya Peluang pasar, Kebutuhan berproduksi ( dari bahan baku dan tenaga kerja), Rencana finansial dan syarat-syaratnya ( jika mengambil pinjaman atau hibah),dan Rencana Organisasi.

3. Realisasi dan Evaluasi

Pada tahap ini proses realisasi ke lapangan serta adanya evaluasi secara berkala.

 

Bingung Toko Tutup, gulung tikar atau istilah bangkrut? Tidak semua orang mempunyai peluang dan nasib yang sama, kita sudah mempunyai jalur rejeki masing-masing dengan waktu yang berbeda-beda sehingga sebagai manusia kita hanya bisa doa kemudian ikhtiar dan langkah terakhir adalah doa kembali dan pasrah atas ketentuan yang sudah diberikan Allah SWT kepada kita semua. Kita senantiasa ikhlas dan bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan kepada kita. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kita hindari atau mungkin sebagai penyebab belum berhasilnya Wirausaha atara lain:

1.Kurang perhatian terhadap usaha, karena semakin banyak usaha, perhatian yang dibutuhkan juga semakin banyak dan fokus.

2. Kalah bersaing, yang disebabkan karena Sumber Daya Manusiaatau ketrampilan belum cukup berkualitas dan mumpuni

3.Pengawasan yang Lemah, Permisif dan serba memperbolehkan

4. Lokasi yang kurang strategis sehingga sulit di jangkau tetapi dengan biaya sewa yang mahal

5. Pemasaran tidak berkembang sehingga tidak memungkinkan untuk naik kelas.

6. Keuangan tidak tertib dan sumber yang tidak tepat dan Barokah.

7. Beranggapan bahwa memulai usaha harus langsung skala besar dengan alasan pemodalan

 

Berikut ini Beberapa karakteristik wirausahawan yang tidak perlu dikembangkan antara lain:

1. Sangat Pemberani dalam berwirausaha

2. Sangat Pemalu dalam berkomunikasi

3. Merasa kurang bergengsi dalam berwirausaha

4. Tidak suka bergaul dalam berwirausaha

5. Bergaul hanya dengan teman yang itu-itu aja

6. Hanya ikut-ikutan dalam berwirausaha

7. Dll

Demikian artikel tentang resume materi seminar kewirausahaan ala mahasiswa, semoga menjadi catatan dan motivasi buat kita.

 

penulis

About Catur Budi Waluyo

Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com

Learn More