Langkah cepat dan mudah dalam membuat google formulir untuk pendaftaran acara


Langkah cepat dan mudah dalam membuat google formulir untuk pendaftaran acara

Mengumpulkan data untuk peserta yang akan hadir pada suatu acara memang tidak mudah, apalagi peserta undangan yang di tujukan untuk luar institusi, sehingga membutuhkan suatu usaha yang besar untuk mengumpulkannya jika tidak dibarengi dengan kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi yang sekarang ngetrend ini yaitu adanya Google Forms. Google Forms merupakan salah satu produk gratisan dari google dan teknologi yang paling serbaguna selain google drive. Dengan adanya Google Forms Anda dapat mengelola pendaftaran acara, membuat polling quick count pendapat, kuis dengan cepat dan masih banyak lagi.

Baca juga: Aplikasi Blog berbasis PHP MySQLi yang dinamis dan responsive

Dengan adanya Google Forms, Anda juga dapat membuat dan menganalisis survei dengan benar di web Anda dan tidak diperlukan perangkat lunak khusus. Anda mendapatkan hasil yang cepat saat mereka masuk dan Anda dapat meringkas hasil survei sekilas dengan diagram dan grafik. Untuk membuat google form sangat mudah dan cepat, apalagi google sudah memberikan template dan tutorial dalam pembuatan form ini. Terus bagaimana langkahnya? Untuk langkah dan caranya bisa anda lihat berikut ini.

1. Langkah pertama, untuk membuat Google Forms tentunya anda harus mempunyai akun email di google, jika belum bisa baca disini. Jika sudah mempunyai akun email kemudian anda login akun email anda dan pilih ke menu google drive, karena semua file ini akan terseimpan di google drive anda seperti pada gambar 1. Jika anda belum tahu cara login ke google drive bisa langsung ke alamat ini https://www.google.com/drive/ dan jika anda sudah login maka tampil seperti pada gambar 2.

Baca juga: Simulasi konfigurasi firewall dengan mengunakan Packet Tracer

Gambar 1. Tampilan Menu Google Drive pada saat login di gmail.

 

Gambar 2. Tampilan beranda halaman google Drive.

Baca juga: Mengenal apa itu Cisco Packet Tracer, Software untuk simulasi jaringan kompleks yang menyerupai tampilan perangkat aslinya

2. Langkah kedua yaitu klik tombol “+ Baru” atau angka 1 pada menu kiri atas kemudian akan tampil menu Folder, Upload file, Upload File seperti pada gambar 3. Setelah itu pilih drop down menu lainnya seperti pada angka 2 kemudian akan tampil beberapa pilihan dan pilih Google Formulir (pada kasus ini kita akan membuat google formulir) seperti pada angka 3. Setelah itu akan disajikan pilihan untuk membuat formulir dari awal (Formulir kosong) atau Formulir dari Template seperti pada angka 4. Jika anda sudah terbiasa membuat google formulir ini, anda bisa memilih “Formulir Kosong” sedangkan jika masih awam dan pemula saya sarankan membuat google form dengan template yang sudah di sediakan oleh google.

Gambar 3. Tampilan memilih google form dari langkah satu per satu di google drive

Baca juga: Mengenal lebih dekat tentang Web hosting dan nama domain serta cara mendaftarkannya

3. Langkah selanjutnya jika memilih “Formulir kosong” maka tampilan akan seperti pada gambar 4. Kemudian anda bisa berkreasi dengan menambahkan Judul, Deskripsi, Pertanyaan, Jawaban baik berupa pilihan opsional maupun teks, serta mengubah theme pada formulir. Jawaban dapat berupa pilihan ganda, kotak centang, tarik turun, upload file, jawaban singkat dll.

Gambar 4. Tampilan awal ketika anda memilih “Formulir Kosong” Pada Google Forms

Jika temen-temen awam dalam membuat google form ini, maka saya sarankan untuk memilih menggunakan template. karena google sudah menyediakan banyak sekali template yang siap kita gunakan dan tinggal sedikit pengaturan sesuai dengan kebutuhan kita seperti pada gambar 5. Misalnya saya ingin membuat formulir untuk pendaftaran peserta pada acara seminar maka saya pada template memilih formulir “pendaftaran acara”.

Baca juga: Menyematkan google maps ke dalam Web atau HTML

 

Gambar 5. Variasi Template formulir pada google form

 

4. Jika anda memilih menggunakan template, maka akan tampil seperti pada gambar 6. Anda bisa berkreasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Gambar 6. Tampilan template dan tutorial yang diberikan oleh google

Jika sudah sesuai dengan kebutuhan maka anda bisa melihat tampilan dengan klik pratinjau, dan jika merasa sudah selesai pengaturannya anda bisa klik tombol kirim dan pilih menu dapatkan link yang sudah terisi setelah itu nanti akan di sajikan url yang siap di bagikan kepada temen2 anda.

Baca juga: Bingung cara merakit drone?Begini cara merakit sendiri quadcopter jenis ZMR250

Gambar 7. Tampilan Setelah selesai pengaturan.

Demikian artikel tentang membuat google formulir, ternyata dalam mengumpulkan data peserta pada pendaftaran acara dengan menggunakan google formulir hanya membutuhkan kurang dari 5 menit... jika ada yang kurang jelas dapat komen dibawah  ini. Semoga bermanfaat.

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> Jika sahabat tidak ingin report dalam mengelola website,&nbsp; bisa langsung kontak&nbsp; WA saya di +62 81 393 657 986</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait