Bagaimana cara mengatasi kendala IP Address has Changed ketika Login di cPanel?


Bagaimana cara mengatasi kendala IP Address has Changed ketika Login di cPanel?

Sebagai seorang admin web server mungkin tidak asing dengan istilah cPanel. cPanel merupakan salah satu tools berbayar yang digunakan untuk mengatur layanan hosting web yang memberikan tampilan grafis dan menu automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah web server. Aplikasi ini digunakan untuk memanajemen web server berserta aplikasi-aplikasi pendukungnya dan web yang ada di dalam server. Sehingga ketika kita ingin mengubah beberapa fitur di website kita dalam hosting tentu kita menggunakan cPanel ini untuk memudahkan kita dalam editing. Sebenarnya aplikasi yang digunakan untuk manejemen web server tidak hanya cPanel melainkan banyak aplikasi baik berbayar maupun gratis. Berikut ini aplikasi yang dapat digunakan dan berbayar: cPanel Plesk, dll sedangkan yang gratisan yaitu webmin, webuzo, VestaCP, ISPconfig, Virtualmin, Ajenti, CentOS-Web panel dll. Pada kasus ini tools yang digunakan untuk mengkontrol web server saya yaitu cPanel. Pernahkan anda login ke control panel mengalami error dengan keterangan Alamat IP anda telah diubah, silahkan masuk kembali atau Your IP address has changed. Please login again?Untuk lebih jelas tampilan errornya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Baca juga:

Apa tugas admin web server dan persiapan yang diperlukan dalam membangun web server?

Ketika terjadi demikian anda bisa cek IP public anda di https://ipsaya.com/ dan refresh berkali, sehingga anda akan menemukan IP koneksi  dalam waktu 1 menit bisa berubah 2 sampai 4 kali. Terus kenapa login control panel gak bisa? Penyebab dari masalah tersebut yaitu sesuai dengan pesan yang muncul, adalah IP koneksi yang selalu berubah dalam interval yang singkat. Hal seperti itu sangat wajar untuk provider internet, dimana IP address yang dimiliki diputar (digilir) untuk banyak user karena IP address memang sifatnya terbatas. Sementara itu, dari sisi server hosting, ada pengaturan keamanan dimana apabila user mengakses cPanel dengan IP yang berubah-ubah, akses tersebut ditolak. Pengaturan keamanan tersebut sudah tidak bisa dirubah demi faktor keamanan, mengingat server hosting dipakai oleh banyak user sehingga tidak mungkin melonggarkan pengaturan keamanan yang sudah baku. Oleh karena itu anda bisa menggunakan salah satu cara yang saya sudah saya gunakan yaitu menggunakan VPN.

Apakah ada cara lain selain menggunakan VPN? ada yaitu meminta IP statis pada provider internet anda, tetapi langkah ini lebih ribet dan mungkin membutuhkan dana yang cukup besar untuk memperolehnya sehingga pada kasus ini saya rekomendasikan menggunakan VPN.

Baca juga:

Kelebihan dan kekurangan Virtualisasi beserta jenis-jenisnya

Berikut ini cara mengaktifkan aplikasi VPN gratis pada browser kesayangan anda.

1. Langkah pertama anda bisa kunjungi https://browsec.com/en/ atau langsung kunjungi addons untuk crome di https://chrome.google.com/webstore/detail/browsec-vpn-free-and-unli/omghfjlpggmjjaagoclmmobgdodcjboh?hl=en  (pada kasus ini saya menggunakan addons browsec untuk browser crome) sedangkan untuk addon Mozilla bisa kunjungi di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/browsec/

2. Setelah itu anda bisa install addons pada browser kesayangan anda dan jika sudah berbasil install maka akan tampil seperti pada gambar berikut ini dan pastikan anda mengaktifkan tombol on VPN ini pada kiri bawah aplikasi ini.

Untuk mengubah letak negara virtualisasi ini anda bisa memilih nama negara kemudian akan tampil beberapa negara yang bisa di pilih dan tentunya gratisan, pilih sekiranya negara yang terdekat dari letak anda. Pada kasus ini saya memilih Singapore karena letak cloudflare terdepat juga di Singapore. Untuk pilihan letak virtualisasi dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

3. Jika sudah, pastikan koneksi Internet anda berjalan, silahkan refresh login cPanel anda dan tidak ada lagi notifikasi, sehingga anda dapat Login kembali ke cPanel masing-masing. Setelah selesai Login, maka anda bisa masuk ke cPanel anda dengan normal kembali.

Demikian artikel tentang mengatasi kendala karena IP berubah-ubah ketika login control panel.

 

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> Jika sahabat tidak ingin report dalam mengelola website,&nbsp; bisa langsung kontak&nbsp; WA saya di +62 81 393 657 986</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait