Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Dosen Pemula di Lingkungan LLDIKTI V


Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Dosen Pemula di Lingkungan LLDIKTI V

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) merupakan suatu lembaga pada unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokok pada bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Agar tugas-tugas ini berjalan lancar pada tanggal 24 Juni 2019 di adakan rapat koordinasi LPPM antar perguruan tinggi swasta se DIY (LLDIKTI V) yang bertempat di ruang sidang utama LLDIKTI Wilayah V. Apa hasil dari rapat koordinasi tersebut? Berikut saya ringkaskan hasil rapat koordinasi di LLDIKTI wilayah V. Pada LLDIKTI wilayah 5 klasterisasi perguruan tinggi berdasarkan penelitian terdapat 4 klaster yaitu Untuk klaster Mandiri (UII), Klaster Utama (UAJY, UMY, USD, AMIKOM), Klaster Madya (UST, UWMY, UKDW, UAD, UMBY, IST Akprind, AMIK BSI, AKPAR BSI), Klaster Binaan (90 Perguruan Tinggi). Klasterisasi Perguruan dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Gambar 1. Hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi DI LLDIKTI Wilayah V

Baca Juga: Cara membuat proposal Hibah penelitian Ristek Dikti yang baik seperti apa?

Untuk tahapan Pengelolaan Penelitian menurut Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016 yaitu 1. Pengumuman Pembukaan Usulan, 2. Pengusulan oleh dosen melalui laman SIMLITABMAS, 3. Penyeleksian/ Penunjukan oleh LLDIKTI atau Ristek Dikti sesuai dengan skema yang ada, 4. Penetapan Pemenang/ Penerima Dana Hibah untuk Perguruan tinggi Swasta Semua administrasi akan di lakukan di LLDIKTI setempat, 5. Pelaksanaan, 6. Pengawasan yang dilakukan untuk monitoring dan evaluasi, 7. Pelaporan kemajuan dan laporan akhir, 8. Penilaian luaran (luaran wajib maupun luaran tambahan). Untuk ilustrasi tahapan dapat dilihat pada gambar berikut ini:

 

Gambar 2. tahapan pengelolaan Penelitian menurut Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016

Mulai tahun anggaran 2019 LLDIKTI mendapatkan kewenangan untuk mengelola dana hibah dari DRPM Ristek Dikti. Untuk manajemen pelaksanaan PDP di LLDIKTI wilayah V terdiri dari Seleksi Propsal dan Pemenang Pendanaan, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Penelitian Dosen Pemula, Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula, Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi dosen pemula penerima dana, koordinasi bantuan pendanaan penelitian.

Baca juga: Bagaimana kriteria Tulisan ilmiah dan etika penulisannya?

Untuk seleksi proposal dan penetapan pemenang pendanaan T.A 2020 dengan rincian jadwal sebagai berikut:

  1. Rapat persiapan seleksi proposal dengan reviewer (koordinasi LLDIKTI WIL V dengan reviewer) pada tanggal 5 September 2019
  2. Rapat Evaluasi seleksi proposal dengan reviewer (untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas PDP) di laksanakan pada tanggal 8 November 2019.
  3. Monev langsung ke perguruan tinggi (Peserta: Penerima PDP Tahun 2019), Untuk mengetahui sejauh mana proses PDP 2019 sudah dilaksanakan dan menghimpun kendala-kendala yang dihadapi peneliti (sampling) di laksanakan 24-30 Oktober 2019.
  4. Seminar Hasil Tahap 1-5 (Peserta: Penerima PDP Tahun 2019) yang dilaksanakan 25-29 November 2019.
  5. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Tahap I dan II (Peserta: Penerima PDP Tahun 2019), ( Peningkatan kemampuan penulisan karya ilmiah oleh dosen, Keberhasilan pencapaian output penelitian (luaran wajib dan luaran tambahan) di Laksanakan Pada 30-31 Juli 2019.
  6. Rapat koordinasi PDP antara LLDIKTI wilayah V dengan reviewer Peserta: Reviewer Internal & Eksternal LLDKTI  V yang ditunjuk (Penyamaan persepsi penilaian PDP Tahun 2020) Pada tanggal Senin, 19 Agustus 2019
  7. Rapat Koordinasi PDP antara LLDIKTI V dengan lembaga Penelitian pada Perguruan Tinggi Klaster Binaan (Ketua Lembaga Penelitian dari Perguruan Tinggi Klaster Binaan) di laksanakan pada 24 Juni 2019.

Baca Juga: Cara pengutipan dalam karya ilmiah, Untuk mengantisipasi Plagiarism

Untuk Laporan Kemajuan Penelitian di laman simlitabmas paling lambat 14 September 2019, dokumen yang di unggah yaitu 1. Catatan harian, 2. Laporan kemajuan, 3. Surat Pernyatan Tanggungjawab Belanja (SPTB)

Laporan Kemajuan Penelitian ke LLDIKTI Wilayah V dalam bentuk softfile Paling lambat 17 September 2019 atau 3 hari setelah batas akhir laporan kemajuan di Simlitabmas.

Laporan akhir penelitian di laman SIMLITABMAS Paling lambat 16 November 2019, Dokumen diunggah: 1. Catatan harian, 2. Laporan Akhir, 3. Luaran penelitian (wajib dan tambahan)

Laporan Kemajuan Penelitian ke LLDIKTI Wilayah V, Paling lambat 19 November 2019 atau 3 hari setelah batas akhir laporan akhir di Simlitabmas.

Demikian hasil rapat koordinasi di LLDIKTI wilayah V.

 

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> Jika sahabat tidak ingin report dalam mengelola website,&nbsp; bisa langsung kontak&nbsp; WA saya di +62 81 393 657 986</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Terkait