START DULU BARU BISA SAMPAI FINISH (Menulis juga butuh proses)


START DULU BARU BISA SAMPAI FINISH (Menulis juga butuh proses)

Sering ada curhatan ke saya, "Mbak, saya mau jadi penulis." Bagi saya itu kabar bahagia. Seneng kalau denger orang tertarik untuk nulis. Karena dengan begitu akan semakin banyak ilmu dan inspirasi yang bisa dibagikan.

Tapi, ketika saya tanya, "Sudah mulai menulis?" Masih banyak yang jawabnya "Belum."

Jawaban ini pasti membawa sederet alasan di belakangnya. Bisa jadi:

1. Bingung mau mulai dari mana.

2. Bingung mau nulis apa.

3. Nggak punya laptop.

4. Nggak ada ide.

5. Ide kadang ada, tapi begitu mau ditulis sudah hilang.

dan masih banyak alasan yang lainnya. Semoga Anda yang sedang baca tulisan ini, sudah mencoba memulai menulis ya,

Baca juga:

5 Tips Menjadi Seorang Penulis yang Produktif

Kalau kata saya sih, menulis itu butuh langkah awal yang tepat, yaitu MULAI.

Terkadang untuk memulai itu perlu dipaksa ya? Alasan-alasan yang suka muncul itu, bisa saja disingkirkan kalau kita mau.

Kalau kata Newton di dalam fisika, ini namanya kelembaman. Kelembaman ya, bukan kelembaban,

Jadi kalau kita ingin memulai sesuatu, memang serasa perlu energi yang lebih besar. Daripada kalau kita sudah terbiasa melakukannya. Terasa lebih ringan aja melangkahnya. Hal ini karena kata Newton itu, "Benda yang diam, akan cenderung terus diam. Benda yang bergerak, akan cenderung terus bergerak."

Orang akan terdorong untuk bergerak maju, ketika mobil yang dikendarainya tetiba ngerem. Sebaliknya, orang akan seolah tertarik ke belakang, saat mobil yang dia kendarai tetiba digas. Lah, malah jadi ngomongin fisika ya? Hehe... Jadi, jelas ya, kalau kita ingin bisa menulis ya harus mulai menulis dulu.

Baca juga:

Bagaimana Cara Ibu Rumah Tangga bisa menghasilkan Uang?Berikut Tips Ibu Rumah Tangga dapat Gaji dari Tulisannya.

Pada awalnya mungkin seperti harus dipaksa untuk memulai menulis. Kedua, ketiga, mungkin masih perlu paksaan. Tapi kalau kita tekun, maka menulis bisa menjadi kebutuhan kita. Tidak sekedar kewajiban yang memberatkan.

Ini tentu menjadi penting bagi Anda yang ingin berpenghasilan dari menulis. Setiap proses dalam mengupgrade ketrampilan selalu menjadi hal yang menarik bagi kita. Banyak hal yang perlu kita pelajari, hingga kemudian kita praktekkan.

Jika menjadi penulis buku best seller adalah garis finish Anda, maka Anda harus ambil start untuk menulis. Perjalanan menuju finish, itu adalah proses yang harus ditemput. Tak bisa lah kita langsung sampai finish, kalau nggak pernah start (mulai).

Kalau pernah ambil start, tapi mandeg di tengah jalan, ya kapan sampai finishnya?

Baca juga:

Memulai Pendidikan Karakter dari Rumah

Jadi memulai, berproses, hingga mencapai hasil, adalah serangkaian mata rantai yang saling terhubung. Hasil saat ini bisa jadi adalah garis start untuk proses menuju finish berikutnya. Penulis yang saat ini dikenal sebagai penulis hebat, penulis best seller, dulunya juga memulai di garis start. Mereka juga berproses, hingga akhirnya mencapai predikat hebat atau best seller yang saat ini mereka sandang.

Semangat dan motivasi diri penting loh, untuk menjaga stamina hingga ke finish. Jadi, bangun greget menulis yang kuat ya, Semangat dan motivasi diri penting loh, untuk menjaga stamina hingga ke finish. Jadi, bangun greget menulis yang kuat ya,

Oleh: Lestari Ummu Al Fatih

 

penulis

About Lestari Ummu Al Fatih

<p> Penulis dan SLC di Sygma Daya Insani</p>

Learn More

Artikel Terkait